Wednesday, April 02, 2008

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MATA KULIAH : KAPITA SELEKTA KEHUMASAN
SIFAT UJIAN : TAKE HOME EXAM (TUGAS INDIVIDU)
WAKTU : Dikumpulkan paling lambat tanggal 10 April 2008 jam 12.00
Tanggal: 3 April 2008
Dosen : Yeni Rosilawati, SIP,MM /Taufiqurrahman, MA



1. Phillip Kotler dan Nancy Lee dalam bukunya ”Corporate Social Responsibility, Doing the Most Good for Your Company and Your Cause” (2005), mengidentifikasi enam pilihan program bagi perusahaan untuk melakukan inisiatif dan aktivitas yang berkaitan dengan berbagai masalah sosial sekaligus sebagai wujud komitmen dari tanggung jawab sosial perusahaan. Keenam inisiatif sosial yang bisa dieksekusi oleh perusahaan adalah: pertama, Cause Promotions dalam bentuk memberikan kontribusi dana atau penggalangan dana untuk meningkatkan kesadaran akan masalah-masalah sosial tertentu seperti, misalnya, bahaya narkotika. Kedua, Cause-Related Marketing bentuk kontribusi perusahaan dengan menyisihkan sepersekian persen dari pendapatan sebagai donasi bagi masalah sosial tertentu, untuk periode waktu tertentu atau produk tertentu. Ketiga, Corporate Social Marketing di sini perusahaan membantu pengembangan maupun implementasi dari kampanye dengan fokus untuk merubah perilaku tertentu yang mempunyai pengaruh negatif, seperti misalnya kebiasaan berlalu lintas yang beradab. Keempat, Corporate Philantrophy adalah inisitiatif perusahaan dengan memberikan kontribusi langsung kepada suatu aktivitas amal, lebih sering dalam bentuk donasi ataupun sumbangan tunai. Kelima, Community Volunteering dalam aktivitas ini perusahaan memberikan bantuan dan mendorong karyawan, serta mitra bisnisnya untuk secara sukarela terlibat dan membantu masyarakat setempat. Keenam, Socially Responsible Business Practices, ini adalah sebuah inisiatif di mana perusahaan mengadopsi dan melakukan praktik bisnis tertentu serta investasi yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas komunitas dan melindungi lingkungan.
Tugas anda :

Carilah contoh perusahaan di Indonesia (misalnya : Kalbe Farma, Bank Danamon) yang melakukan program CSR. Analisislah program CSR tersebut dengan menggunakan salah satu dari pendekatan yang ada diantara 6 pilihan di atas (apakah bentuknya Community Volunteering atau Corporate Philantrophy) serta analisislah strategi PR yang digunakan dan menurut anda apakah strategi tersebut sudah tepat sasaran baik dari segi kesesuaian visi misi perusahaan atau produk dengan sasaran CSR, pelaksanaan program CSR dan evaluasi yang dilakukan (yang terakhir ini jika datanya memungkinkan). Berikan analisis dan komentar anda secara kritis, minimal 2 halaman A4 kwarto spasi double tidak termasuk artikel . Artikel dapat diperoleh melalui website (sebutkan tanggal akses dan alamat URLnya , klipping majalah umum atau koran (asli, tidak boleh foto kopi), atau majalah intern perusahaan tersebut). Akan lebih baik lagi jika dilengkapi COMPANY PROFILE dari perusahaan tsb.

2. Menurut anda, apa saja tantangan dan peluang Multiculture PR di masa depan ? Jelaskan ! Jawaban minimal 2 halaman A4 Kwarto spasi double.

Lembar jawaban/tugas diBeri Nama, nomor mahasiswa ! (jangan lupa beri cover juga!)


No comments: