Thursday, April 06, 2006

Panduan MK Komunikasi Organisasi

Panduan Mata Kuliah
Komunikasi Organisasi

Prodi Ilmu Komunikasi
Univ. Muhammadiyah Yogyakakarta

Dosen: Aswad Ishak/Yeni Rosilawati

Deskripsi.
Salah satu bahasan penting untuk diketahui mahasiswa adalah komunikasi dalam konteks organisasi. Komunikasi merupakan tanggung jawab semua elemen yang terlibat dalam organisasi, mengingat kegiatan ini merupakan varian dari hubungan antarmanusia. Pola dasarnya setiap individu yang tergabung dalam organisasi perlu melakukan sosialisasi atau dengan kata lain melakukan kegiatan kemasyarakatan.
Mata kuliah ini pada dasarnya akan memberikan paparan tentang berbagai konsep dan aspek komunikasi yang melekat dalam sebuah organisasi.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa akan memahami salah satu konteks penting komunikasi, yakni organisasi. Mahasiswa diharapkan mampu memiliki kepekaan analisis atas fenomena komunikasi organisasi yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Pengorganisasian dan Evaluasi
Mata kuliah ini memiliki beban/bobot studi sebesar 3 SKS. Waktu yang tersedia dalam perkuliahaan ini akan dimanfaatkan untuk penjelasan konseptual dan penugasan ataupun diskusi kelas dan role playing. Kehadiran mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan ini bersifat wajib. Dari keseluruhan kegiatan perkuliahan, kehadiran mahasiswa minimal 75 persen.
Evaluasi/penilaian atas mahasiswa dalam perkuliahaan ini dengan memperhatikan komponen:
Ujian mid semester: 25 %
Ujian akhir semester: 35 %
Tugas-tugas: 25 %
Partisipasi di kelas: 15 %

Pokok bahasan
Kuliah ke (1-2), Materi: Konsep dasar komunikasi organisasi, pengertian dan ruang lingkup, aspek-aspek mendasar dalam organisasi.
Kuliah ke (3-4), Materi: Perspertik teoritis tentang organisasi. Pandangan klasik, pandangan hubungan antarmanusia, pandangan politik, pandangan sistem, pendangan-pandangan lain tentang orgnisasi.
Kuliah ke (5-6), Materi: Pola hubungan organisasional. Komunikasi vertikal, horizontal, lintas saluran. Struktur formal komunikasi dalam organisasi. Jaringan komunikasi dalam organisasi.
Kuliah ke (7) Ujian Tengah Semester
Kuliah ke (8-9) Budaya Organsisasi; Proses pembentukan Budaya Organsisasi, sosialisasi Budaya Organsisasi, persoalan multikultur dalam organisasi, budaya dan pengembangan organisasi.
Kuliah (10-11) Proses Dalam Organisasi; Kekuasaan dan pengambilan keputusan, team work dalam organisasi, konflik dan resolusi dalam organisasi, proses yang berlangsung
Kuliah (12-13) Audit komunikasi dalam organisasi; makna audit komunikasi bagi organisasi, proses yang berlangsung.
Kuliah (14) Ujian Akhir Semester

Referensi:
- Deal, Terrence E. & Kennnedy, Allan A. (1982). Corporate Cultures, Perseus Books, USA
- De Janasz, Suzanne S, Dowd, Karen O., and Schneider, Beth Z. (2002) Interpersonal Skill in Organizations, Mc-GrawHill, USA
- George, Jenifer M. & Jones, Gareth R (2002) Organizational Behavior, 3rd edition, Prentice Hall-Pearson Education, NJ.
- Irwin, Harry & More, Elizabeth (1994), Managing Corporate Communication, Allen&Unwin, Australia
- Ishak, Aswad dan Ayatullah, Faiz (2003), Komunikasi dan Organisasi, UPFE-UMY, Yogyakarta
- Muhammad, Arni (1995), Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara, Jakarta.
- Millaer, Katherine (2003), Organizational Communication: Approaches and Processes, 3rd edition, Wadswoth, USA.
- Pace, R. Wayne & Faules, Don F. (1998). Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Tyson, Shaum & Jackson, Tony (2000), Perilaku Organisasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Nb: Bahan acuan/referensi ini dapat bertambah menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan yang diperlukan.

2 comments:

Muhammad Yahya said...

sangat membantu saya sebagai staff STIKOM IGA untuk membuat SAP ilmu komunikasi, thanks again

www.stikom-iga.ac.id

iwa said...

Ya makasih juga mas Yahya, moga bermanfaat