Sunday, November 06, 2011

TENTANG GREEN PUBLIC RELATIONS

ABOUT GREEN PR

Bagi teman-teman yang tertarik pada bidang amatan Public Relations, perlu tahu apa itu Green PR
Green PR adalah sub bidang dalam public relations yang mengkomunikasikan kepada publik mengenai praktek-praktek ramah lingkungan atau program-program CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuan dari green PR adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek product (brand awareness) dan meningkatkan citra. Green PR tidak sekedar melakukan CSR, tetapi bagaimana program CSR tersebut dikampanyekan kepada publik dan mengajak orang untuk agar memiliki kesadaran  sesuai  dengan program kampanye tersebut. Dari hasil riset yang pernah dilakukan, ada temuan menarik bahwa 85% konsumen di dunia ingin untuk mengubah kebiasaan konsumsinya agar bumi (earth) memiliki masa depan yang lebih baik, 55% konsumen bersedia mempromosikan produk jika ada kampanye (cause) di belakang product tersebut, dan sebanyak 41% orang membeli produk karena pengaruh social purpose. Nah, jadi konsumen saat ini ternyata tidak semata-mata melihat harga, desain dan kualitas barang tapi praktek-praktek sosial termasuk CSR mendapat perhatian juga dari konsumen    
Contoh dari Green PR  salah satunya “The Body Shop” , value Body Shop sejak awal keberadannya memberikan perhatian besar terhadap isu-isu dunia ketiga dengan No Abuse Against Women, No traficcking and No Animal Testing. The Body Shop turut mengajak masyarakat , baik lokal, nasional dan global agar ikut memerangi atau mencegah kekerasan dalam rumah tangga , perdaangan perempuan dan test uji coba pada binatang,apa yang dilakukan The Body Shop tidak hanya berhenti pada campaign, tapi juga sampai pada tataran produk .
Another one , Tupper Ware, memiliki kepedulian besar terhadap isu lingkungan, dengan gerakannya, REDUCE REUSE dan RECYCLE, mengajak masyarakat dan komunitas untuk bergabung dan melakukan kampanye publik bersama 

Namun perlu diingat, tidak  harus perusahaan besar yang bisa melakukan hal tsb (Green PR) , kita bisa mulai dari diri sendiri, masysrakat di lingkungan sekitar kita, CSR atau Green PR tidak juga harus dilakukan oleh company besar. Kita bisa ajak komunitas kampus tuk bikin Green PR, remaja Masjid, Karang Taruna dan semua orang yang ada di sekelilingmu 
Green PR juga tidak harus mahal, dengan kreativitas dan inovasi kita bisa cari kegiatan atau program yang impactfull dan lowcost

No comments: