ABOUT GREEN PR
Bagi teman-teman yang tertarik
pada bidang amatan Public Relations, perlu tahu apa itu Green PR
Green PR adalah sub bidang
dalam public relations yang mengkomunikasikan kepada publik mengenai
praktek-praktek ramah lingkungan atau program-program CSR yang dilakukan oleh
perusahaan. Tujuan dari green PR adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan
merek product (brand awareness) dan meningkatkan citra. Green PR tidak sekedar
melakukan CSR, tetapi bagaimana program CSR tersebut dikampanyekan kepada
publik dan mengajak orang untuk agar memiliki kesadaran sesuai
dengan program kampanye tersebut. Dari hasil riset yang pernah dilakukan, ada
temuan menarik bahwa 85% konsumen di dunia ingin untuk mengubah kebiasaan
konsumsinya agar bumi (earth) memiliki masa depan yang lebih baik, 55% konsumen
bersedia mempromosikan produk jika ada kampanye (cause) di belakang product
tersebut, dan sebanyak 41% orang membeli produk karena pengaruh social purpose.
Nah, jadi konsumen saat ini ternyata tidak semata-mata melihat harga, desain
dan kualitas barang tapi praktek-praktek sosial termasuk CSR mendapat perhatian
juga dari konsumen
Contoh dari Green PR
salah satunya “The Body Shop” , value Body Shop sejak awal keberadannya
memberikan perhatian besar terhadap isu-isu dunia ketiga dengan No Abuse
Against Women, No traficcking and No Animal Testing. The Body Shop turut mengajak
masyarakat , baik lokal, nasional dan global agar ikut memerangi atau mencegah
kekerasan dalam rumah tangga , perdaangan perempuan dan test uji coba pada
binatang,apa yang dilakukan The Body Shop tidak hanya berhenti pada campaign,
tapi juga sampai pada tataran produk .
Another one , Tupper Ware,
memiliki kepedulian besar terhadap isu lingkungan, dengan gerakannya, REDUCE
REUSE dan RECYCLE, mengajak masyarakat dan komunitas untuk bergabung dan
melakukan kampanye publik bersama
Namun perlu diingat, tidak
harus perusahaan besar yang bisa melakukan hal tsb (Green PR) , kita bisa
mulai dari diri sendiri, masysrakat di lingkungan sekitar kita, CSR atau Green
PR tidak juga harus dilakukan oleh company besar. Kita bisa ajak komunitas
kampus tuk bikin Green PR, remaja Masjid, Karang Taruna dan semua orang yang
ada di sekelilingmu
Green PR juga tidak harus
mahal, dengan kreativitas dan inovasi kita bisa cari kegiatan atau program yang
impactfull dan lowcost
No comments:
Post a Comment