Friday, November 04, 2011

PRESENTASI BISNIS


PRESENTASI BISNIS

Presentasi bisnis : bentuk komunikasi yang berorientasi yang disajikan dalam suatu lingkungan bisnis kepada khalayak yang relatif homogen (x heterogen)

Presentasi bisnis :melalui sikap yang sangat efektif, penyaji diharapkan dapat memanfaatkan semua SD manusia dan sumber daya fisik yang tersedia untuk memaksimalkan peluang keberhasilan.

Presentasi :diberikan untuk mendatangkan perubahan (seringkali pada saat presentasi), mendukung tindakan khusus, dan/atau mendorong kelompok atau seseorang yg berwenang utk mengambil keputusan yang khusus

 JENIS-JENIS PRESENTASI 

Presentasi informatif : terdiri dari penjelasan ringkas , laporan, atau instruksi
Penjelasan ringkas (briefing) biasanya bersifat umum atau informal. Penjelasan ringkas internal melibatkan pembicara dan khalayak dalam organisasi yang sama
Presentasi instruksional melibatkan pelatihan dan/atau orientasi pegawai baru, pembaharuan pelatihan semua pegawai atau penjelasan prosedur
atau metode baru

KIAT KEBERHASILAN DALAM PRESENTASI PERSUASIF  
Ketika mengembangkan kiat persuasif anda harus memulainya dengan mempelajari sebanyak-banyaknya anggota khalayak, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok.
Kiat untuk meningkatkan etos dan kredibilitas sumber : sumber pesan  adalah orang yang berpengetahuan luas, dapat dipercaya, sungguh-sungguh dan peduli thd khalayaknya. 

FUNGSI PUBLIC SPEAKING
(Whitman&Boase, dalam Yayan hal. 2)

1.  Menarik perhatian
2.  Menghibur
3.  Memberikan informasi
4.  Mempertanyakan suatu perkara
5.  Membujuk
6.  Meyakinkan
7.  Memberikan rangsangan
8.  Memberikan kritikan
9.  Membentuk kesan
10.             Memperingatkan
11.             Membangun semangat
12.             Memberikan instruksi
13.             Menyajikan sebuah penelusuran
14.             Menggerakkan massa





MENDENGARKAN SEBELUM BERBICARA/PIDATO

Siapapun pembicara biasanya, pendengar akan bertanya kepada diri sendiri pertanyaan seperti:
Ø  Apakah pembicara menyampaikan sesuatu yang berguna untuk disampaikan?
Ø  Apa yang akan saya dapatkan dari mendengarkan pembicara tersebut?
Ø  Apakah saya punya waktu untuk mendengarkan?
Ø  Apakah saya ingin mendengarkan?

Mendengarkan adalah ketrampilan yang dapat dilatih.
§  Apakah anda memahami seluruh apa yang disampaikan pembicara? Apa yang menjadi kendala untuk memahami?
§  Apa yang anda lakukan atau katakana jika anda tak memahami pembicara? Bagaimana respon dari pembicara?
§  Apakah aksen, kecepatan menyampaikan, atau istilah dan singkatan-singkatan yang digunakan pembicara mempengaruhi anda untuk memahami pesan dari pembicara. Mengapa? Beri contoh

Kunci untuk menjadi pendengar yang baik
§  Tunjukkan ketertarikan
§  Hindari gangguan (radio, TV, HP, dll)
§  Perhatikan pilihan/penggunaan kata-kata

§  Berikan respon kepada pembicara
§  Bertanya bilamana perlu
§  Buatlah pembicara merasa nyaman dan enak

Pembicara yang baik biasanya dinilai
§  Bagaimana presentasi disusun
§  Bagaimana cara pembicara menyampaikan pidatonya
§  Bagaimana pembicara merasa nyaman dengan topik, pendengar maupun dengan diri mereka sendiri

7 langkah Membuat Presentasi yang efektif
1.      Tentukan Topik
2.      Analisa Pendengar
3.      Batasi topik
4.      Kumpulkan informasi atau sumber berkaitan topik yang dipilih
5.      Buatlah pidato/presentasi relevan dengan pendengar
6.      Susun materi pidato secara efektif
7.      Pilihlah visual atau verbal untuk membantu mengilustrasikan materi dan menjaga perhatian pendengar.








Menggali Ide

Strategi mendapatkan ide:
a. Dari diri sendiri -- membuat list tentang
§  minat
§  kegiatan yang menarik
§  hobi
§  memori
§  catatan
§  pengalaman dll
b. Dari Pendengar:
     Apa yang menarik atau penting untuk pendengar?
     Dengan cara;
§  menanyai mereka
§  membaca atau mendengarkan sesuatu yang disukai pendengar
§  menganalisa pendengar

MEMILIH TOPIK


1.          Apakah topik yang saya pilih menarik saya?
2.          Apakah topik menarik dan penting untuk pendengar?
3.          Apakah saya mampu mendapatkan bahan pendukung serta waktu yang cukup untuk topik yang saya pilih?
4.          Apakah saya cukup tahu tentang topik dan dapat memulai riset serta menterjamahkan apa yang saya temukan.

MEMFOKUSKAN/MEMBATASI  TOPIK


Sekali anda memilih topik, anda harus fokus

§  Tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas
§  Didasarkan pada waktu yang disediakan
§  Tidak memaksakan memberikan banyak/semua informasi
§  Membuat sub-sub topik

MATRIK PRESENTASI

Header
Topik: subyek yang akan dibicarakan
Tujuan: Apa yang anda ingin pendengar tahu, melakukan sesuatu atau pikirkan setelah mendengar presentasi anda
Pendengar: grup atau orang-orang yang akan mendengarkan pidato/presentasi anda

Pendahuluan
Kalimat penarik perhatian: cerita, humor/cerita lucu, pernyataan yang kontroversial, pertanyaan untuk membuat pendengar tertarik.
Thesis: Satu kalimat pernyataan tentang apa presentasi anda
Kalimat metode: Outline tentang beberapa poin yang akan anda sampaikan

Isi/badan
Ide utama: hal-hal utama yang akan disampaikan sesuai thesis
Ide pendukung: ide yang erat hubungannya dan langsung berhubungan dengan salah satu ide utama dan membantu memahami ide utama.
Detil/ContohInformasi khusus yang memberi ilustrasi terhadap ide utama atau ide pendukung

Penutup
Transisi+thesis: kata-kata transisi untuk menyimpulkan
Pernyataan penegasan ide pokok: Rekap dari poin utama
Penutup: Kalimat penutup untuk merangkum presentasi








Tidak tahu : tahu
Belum sadar (unaware) : sadar (aware)
Tidak suka (unfavorable): suka (favorable)
Negatif : Positif
Tidak ada tindakan  (mis; pembelian) ; ada tindakan 

No comments: