Modul Minggu III
Mendengarkan Sebelum berbicara
Tujuan
Mahasiswa mengetahui pentingnya pendengar dalam sebuah pidato.
Mahasiswa mampu membedakan berbicara dengan pendengar sedikit dan pendengar yang banyak.
Mahasiswa menganalisis pendengar
Catatan :
Secara umum, orientasi dari sesi ini adalah bagaimana para mahasiswa mampu membuat formulasi dasar pembuatan proposal proyek. Sehingga mahasiswa dituntut secara partisipatoris membuat action planning terkait tema proyek yang sebelumnya mereka pilih. Dalam hal ini, kerangka pikir dalam proses fasilitasi baik dalam tiap materi ataupun korelasi antar materi merupakan modifikasi dari metode pembangunan action planning yang dikembangkan oleh Technology of Participation (ToP) ( Sumber : Hetifah Sj Sumarto dalam Inovasi, Partisipasi dan Good Governance, 2004, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, The Ford Foundation dan LSM B_TRUST Bandung )
Metode
Diskusi kelompok
Curah pendapat (brainstorming)
Penulisan kelompok
Bahan
MENDENGARKAN SEBELUM BERBICARA/PIDATO
Siapapun pembicara biasanya, pendengar akan bertanya kepada diri sendiri pertanyaan seperti:
Apakah pembicara menyampaikan sesuatu yang berguna untuk disampaikan?
Apa yang akan saya dapatkan dari mendengarkan pembicara tersebut?
Apakah saya punya waktu untuk mendengarkan?
Apakah saya ingin mendengarkan?
Mendengarkan adalah ketrampilan yang dapat dilatih.
Apakah anda memahami seluruh apa yang disampaikan pembicara? Apa yang menjadi kendala untuk memahami?
Apa yang anda lakukan atau katakana jika anda tak memahami pembicara? Bagaimana respon dari pembicara?
Apakah aksen, kecepatan menyampaikan, atau istilah dan singkatan-singkatan yang digunakan pembicara mempengaruhi anda untuk memahami pesan dari pembicara. Mengapa? Beri contoh
Kunci untuk menjadi pendengar yang baik
Tunjukkan ketertarikan
Hindari gangguan (radio, TV, HP, dll)
Perhatikan pilihan/penggunaan kata-kata
Berikan respon kepada pembicara
Bertanya bilamana perlu
Buatlah pembicara merasa nyaman dan enak
Pembicara yang baik biasanya dinilai
Bagaimana presentasi disusun
Bagaimana cara pembicara menyampaikan pidatonya
Bagaimana pembicara merasa nyaman dengan topik, pendengar maupun dengan diri mereka sendiri
7 langkah Membuat Presentasi yang efektif
Tentukan Topik
Analisa Pendengar
Batasi topik
Kumpulkan informasi atau sumber berkaitan topik yang dipilih
Buatlah pidato/presentasi relevan dengan pendengar
Susun materi pidato secara efektif
Pilihlah visual atau verbal untuk membantu mengilustrasikan materi dan menjaga perhatian pendengar.
Proses Kuliah
Dosen membuka perkuliahan dan memberikan pengantar.
Mahasiswa dibagi menjadi kelompok, masing-masing 5 orang anggotanya
Masing-masing kelompok diminta untuk :
Mengidentifikasikan pendengar untuk jenis pidato yang berbeda
Menganalisa
Masing-masing kelompok mendiskusikan tugas tersebut selama 30 menit.
Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan
Dosen mendiskusikan kesamaan dan perbedaan serta menjelaskan area yang dipelajari berkaitan dengan identifikasi karakter.
No comments:
Post a Comment