Tuesday, March 16, 2010

KOMUNIKASI BISNIS KULIAH I

KOMUNIKASI BISNIS KULIAH I
LANDASAN PEMIKIRAN KOMUNIKASI BISNIS

BISNIS: Adalah kegiatan sistem ekonomi yang diarahkan pada manajemen dan distribusi hasil industri dan jasa profesional, yang mendatangkan keuntungan. Esensi dari kegiatan bisnis adalah sebuah kesibukan.

KOMUNIKASI
Sering diartikan sebagai transfer informasi atau pesan-pesan (messages) dari pengirim pesan (komunikator) kepada penerima (komunikan). Dengan catatan bahwa proses tersebut tertujuan mencapai saling pengertian.



Dari kedua pengertian di atas bagaimana kita menerangkan cakupan antara komunikasi dan bisnis yang menunjukkan integrasi (kesatuannya?)

Terlebih dahulu kita telah tahu bagaimana proses komunikasi itu terjadi dan secara umum proses komunikasi dapat digambarkan sbb:

UMPAN BALIK
Sebelum komunikator mengirimkan pesan-pesan kepada komunikan,terlebih dahulu ia memberi makna pada pesan-pesan itu (decode). Pesan tadi ditangkap oleh komunikan dan diberi makna sesuai konsep-konsep yang ia miliki (encode). Melalui proses interpretasi, yakni menafsirkan makna-makna tersebut dari pelagai sudut pandang (perspektif), akan dihasilkan makna tertentu sesuai dengan kerangka pengalaman (field of experiences ) dan kerangka referensi (frame of references) yang dimiliki komunikan. Demikian seterusnya. Bila komunikan memandang perlu untuk memberikan umpan balik (feedback) kepada komunikator, komunikan akan terlebih dahulu memberikan pemaknaan terhadap feedback.

KOMUNIKASI BISNIS
MENGAPA PENTING??

FAKTA :
Lebih dari 70% hari kerja para eksekutif dan staf organisasi dilakukan untuk melakukan kegiatan komunikasi bisnis.
Misal: Memberikan instruksi kerja, melakukan presentasi bisnis, memimpin dan menghadiri rapat kerja, wawancara, menulis surat dan memorandum serta menyusun laporan bisnis. Sayangnya, banyak manajer kurang mampu untuk berkomunikasi secara efektif.

MANFAAT KOMUNIKASI BISNIS
Eksternal : Komunikasi bisnis dgn pihak ketiga yang efektif membawa dampak positif dalam keberhasilan usaha bisnis dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarakat.
Mis: Laporan , brosur, brosur dan presentasi bisnis yang disusun secara profesional dpt meningkatkan citra perusahaan.
Komunikasi bisnis yang tidak efektif: sangat mahal ”biayanya”. Menurunkan citra perusahaan, memboroskan jam kerja dan menjauhkan pelanggan.

Internal: Kemampuan berkomunikasi secara efektif menunjang karir eksekutif perusahaan

Ada 8 hal yang menjadi pertimbangan mempromosikan jenjang karir eksekutif:
1. Kemampuan bekerja keras (hard worker)
2. Kemampuan manajemen (manajerial ability)
3. Kepercayaan diri ( self confidence)
4. Kemampuan mengambil keputusan yang sehat (making sound decisions)
5. Latar belakang akademis (college education)
6. Mempunyai ambisi untuk maju (ambition drive)
7. Kemampuan berkomunikasi secara efektif (ability to communicate effectively)
8. Berpenampilan menarik (good appearance)

APA SAJA PESAN KOMUNIKASI BISNIS YANG DISAMPAIKAN OLEH LINGKUNGAN PERUSAHAAN ?

Beberapa pernyataan lingkungan perusahaan diwujudkan dalam bentuk tulisan. Sebagian besar pernyataan komunikasi lingkungan adalah nonverbal, dan dikelompokkan dalam 2 kategori :
1. Lokasi
2. Penataan Lingkungan

1. Lokasi : di berbagai tempat seperti Jakarta – MH Thamrin, Sudirman, pesan yang disampaikan sangat jelas : kami adalah perusahan penting dan bergenngsi .Secara implisit ada pesan yang ingin disampaikan melalui lingkungannya : kami adalah perusahaan penting, karena kantor kami terletak dikawasan yang sama dgn lokasi yang sama dgn lokasi bisnis dan profesi lain.
2. Penataan lingkungan : cara mengatur tempat kerja
A. Pengaturan parkir mobil : tersedia tempat parkir yang memadai dan papan penunjuk yang jelas.
B. Seragam : model, warna
C. Ruang terima tamu dijaga kerapiannya
D. Toilet selalu bersih dan terawat
E. Tersedia literatur perush utk para tamu




No comments: