Modul Minggu VI-VII
Membuat matrik presentasi
Tujuan
Mahasiswa mengetahui cara-cara menggali ide untuk bahan berbicara di depan publik.
Mahasiswa mampu membuat list tentang apa yang ingin disampaikan.
Catatan :
Secara umum, orientasi dari pertemuan ini adalah bagaimana para mahasiswa dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan untuk menggali banyak ide sehingga tidak kehabisan bahan untuk berbicara di depan publik, dan dapat meningkatkan skill dalam menentukan
Metode
Diskusi kelompok
Curah pendapat (brainstorming)
Tanya jawab
Bahan
MATRIK PRESENTASI
Header
Topik: subyek yang akan dibicarakan
Tujuan: Apa yang anda ingin pendengar tahu, melakukan sesuatu atau pikirkan setelah mendengar presentasi anda
Pendengar: grup atau orang-orang yang akan mendengarkan pidato/presentasi anda
Pendahuluan
Kalimat penarik perhatian: cerita, humor/cerita lucu, pernyataan yang kontroversial, pertanyaan untuk membuat pendengar tertarik.
Thesis: Satu kalimat pernyataan tentang apa presentasi anda
Kalimat metode: Outline tentang beberapa poin yang akan anda sampaikan
Isi/badan
Ide utama: hal-hal utama yang akan disampaikan sesuai thesis
Ide pendukung: ide yang erat hubungannya dan langsung berhubungan dengan salah satu ide utama dan membantu memahami ide utama.
Detil/Contoh: Informasi khusus yang memberi ilustrasi terhadap ide utama atau ide pendukung
Penutup
Transisi+thesis: kata-kata transisi untuk menyimpulkan
Pernyataan penegasan ide pokok: Rekap dari poin utama
Penutup: Kalimat penutup untuk merangkum presentasi
Proses Kuliah
Dosen membuka perkuliahan dan memberikan pengantar.
Mahasiswa dibagi menjadi kelompok, masing-masing 5 orang
Masing-masing kelompok diminta untuk :
Mencari contoh minimal satu orang pembicara/presenter yang dikenal yang dianggap baik serta seorang pembicara yang menurut kelompok tersebut dianggap terburuk atau tidak menarik
Mengidentifikasikan karakteristik atau sebab-sebab pemilihan mengapa pembicara tersebut dikatakan baik atau dikatakan buruk
Masing-masing kelompok mendiskusikan tugas tersebut selama 30 menit.
Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan
Dosen mendiskusikan kesamaan dan perbedaan serta menjelaskan area yang dipelajari berkaitan dengan identifikasi karakter.
No comments:
Post a Comment