Monday, March 15, 2010

Bahan MK komunikasi bisnis (Modul Minggu VI-VII)

Modul Minggu VI-VII

Membuat matrik presentasi

Tujuan
Mahasiswa mengetahui cara-cara menggali ide untuk bahan berbicara di depan publik.
Mahasiswa mampu membuat list tentang apa yang ingin disampaikan.





Catatan :

Secara umum, orientasi dari pertemuan ini adalah bagaimana para mahasiswa dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan untuk menggali banyak ide sehingga tidak kehabisan bahan untuk berbicara di depan publik, dan dapat meningkatkan skill dalam menentukan




Metode

Diskusi kelompok

Curah pendapat (brainstorming)

Tanya jawab

Bahan

MATRIK PRESENTASI

Header

Topik: subyek yang akan dibicarakan

Tujuan: Apa yang anda ingin pendengar tahu, melakukan sesuatu atau pikirkan setelah mendengar presentasi anda

Pendengar: grup atau orang-orang yang akan mendengarkan pidato/presentasi anda

Pendahuluan

Kalimat penarik perhatian: cerita, humor/cerita lucu, pernyataan yang kontroversial, pertanyaan untuk membuat pendengar tertarik.

Thesis: Satu kalimat pernyataan tentang apa presentasi anda

Kalimat metode: Outline tentang beberapa poin yang akan anda sampaikan

Isi/badan

Ide utama: hal-hal utama yang akan disampaikan sesuai thesis

Ide pendukung: ide yang erat hubungannya dan langsung berhubungan dengan salah satu ide utama dan membantu memahami ide utama.

Detil/Contoh: Informasi khusus yang memberi ilustrasi terhadap ide utama atau ide pendukung

Penutup

Transisi+thesis: kata-kata transisi untuk menyimpulkan

Pernyataan penegasan ide pokok: Rekap dari poin utama

Penutup: Kalimat penutup untuk merangkum presentasi

Proses Kuliah
Dosen membuka perkuliahan dan memberikan pengantar.
Mahasiswa dibagi menjadi kelompok, masing-masing 5 orang
Masing-masing kelompok diminta untuk :
Mencari contoh minimal satu orang pembicara/presenter yang dikenal yang dianggap baik serta seorang pembicara yang menurut kelompok tersebut dianggap terburuk atau tidak menarik
Mengidentifikasikan karakteristik atau sebab-sebab pemilihan mengapa pembicara tersebut dikatakan baik atau dikatakan buruk
Masing-masing kelompok mendiskusikan tugas tersebut selama 30 menit.
Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan
Dosen mendiskusikan kesamaan dan perbedaan serta menjelaskan area yang dipelajari berkaitan dengan identifikasi karakter.




No comments: