Monday, March 15, 2010

Bahan MK komunikasi bisnis (Modul Minggu IV-V)

Modul Minggu IV-V

Menggali Ide, menentukan topik dan membatasi topik

Tujuan
Mahasiswa mengetahui cara-cara menggali ide untuk bahan berbicara di depan publik.
Mahasiswa mampu membuat list tentang apa yang ingin disampaikan.
Mahasiswa mampu memilih topik untuk praktek pidato serta mampu membatasi topik dan kemudian mengembangkan topik yang telah dipilih





Catatan :

Secara umum, orientasi dari pertemuan ini adalah bagaimana para mahasiswa mampu memilih topik sesuai yang pengetahuan dan kemampuan mahasiswa, serta kemudian mampu mengembangkan topik tersebut menjadi bahan pidato/presentasi.



Metode

Diskusi kelompok

Curah pendapat (brainstorming)

Tanya jawab

Bahan

Menggali Ide

Strategi mendapatkan ide:

a. Dari diri sendiri -- membuat list tentang
minat
kegiatan yang menarik
hobi
memori
catatan
pengalaman dll

b. Dari Pendengar:

Apa yang menarik atau penting untuk pendengar?

Dengan cara;
menanyai mereka
membaca atau mendengarkan sesuatu yang disukai pendengar
menganalisa pendengar
MEMILIH TOPIK

Apakah topik yang saya pilih menarik saya?
Apakah topik menarik dan penting untuk pendengar?
Apakah saya mampu mendapatkan bahan pendukung serta waktu yang cukup untuk topik yang saya pilih?
Apakah saya cukup tahu tentang topik dan dapat memulai riset serta menterjamahkan apa yang saya temukan.
MEMFOKUSKAN/MEMBATASI TOPIK
Sekali anda memilih topik, anda harus fokus
Tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas
Didasarkan pada waktu yang disediakan
Tidak memaksakan memberikan banyak/semua informasi
Membuat sub-sub topik


Proses Kuliah
Dosen membuka perkuliahan dan memberikan pengantar.
Mahasiswa tidak dibagi kelompok, tapi bekerja secara individual
Masing-masing mashasiswa diminta :
Menggali ide
Membuat list kemungkinan topik, menyortir topik dan menentukan topik yang akan dipilih
Masing-masing kelompok mendiskusikan tugas tersebut selama 30 menit.
Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan
Dosen mendiskusikan kesamaan dan perbedaan serta menjelaskan area yang dipelajari berkaitan dengan identifikasi karakter.


No comments: