Modul Minggu VIII
Teknik presentasi: Suara
Tujuan
Mahasiswa mengetahui teknik yang baik untuk berbicara di depan publik.
Mahasiswa mampu mengatur suara saat berbicara di depan publik.
Catatan :
Secara umum, orientasi dari pertemuan ini adalah bagaimana para mahasiswa dapat meningkatkan kreatifitas dan kemampuan untuk menggali banyak ide sehingga tidak kehabisan bahan untuk berbicara di depan publik, dan dapat meningkatkan skill dalam menentukan
Metode
Diskusi kelompok
Curah pendapat (brainstorming)
Praktek individu disesuaikan jenis pidato
Bahan
SUARA
à alat yang paling kuat untuk mempengaruhi pendengar
Meningkatkan kecepatan saat menjelaskan kejadian akan menciptakan perhatian atau kegairahan pendengar
Berbicara lembut mengajak pendengar untuk mendengarkan secara hati-hati dan menjadi bagian dari pembicaran
Berbicara secara enthusiastic dan hidup dapat menciptakan antusiasme pendengar
Cek:
Apakah saya berbicara terlalu keras atau terlalu lembut (lihat reaksi pendengar menjauh atau mendekat atau minta tanda dari belakang)
Apakah saya berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat (orang yang gugup cenderung cepat)
Apakah saya menggunakan phrasa yg tidak jelas, singkatan yang tidak dijelaskan sebelumnya, atau kata-kata “slang”
Apakah saya memilih dan mengucapkan kata dengan tepat (kalau tidak tahu jangan menggunakan kata-kata tersebut)
Apakah saya menggunakan kata-kata yang kurang perlu seperti: Uh, ehm, e…, dll
Proses Kuliah
Dosen membuka perkuliahan dan memberikan pengantar.
Mahasiswa dibagi menjadi kelompok, masing-masing 5 orang
Masing-masing kelompok diminta untuk :
Mencari contoh minimal satu orang pembicara/presenter yang dikenal yang dianggap baik serta seorang pembicara yang menurut kelompok tersebut dianggap terburuk atau tidak menarik
Mengidentifikasikan karakteristik atau sebab-sebab pemilihan mengapa pembicara tersebut dikatakan baik atau dikatakan buruk
Masing-masing kelompok mendiskusikan tugas tersebut selama 30 menit.
Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan
Dosen mendiskusikan kesamaan dan perbedaan serta menjelaskan area yang dipelajari berkaitan dengan identifikasi karakter.
No comments:
Post a Comment